Ingin Sekolah di Luar Negeri? Simak Artikel Ini.

Jumat, November 27, 2009


-->
SEKOLAH DI LUAR NEGERI
Guys….kalo bicara soal pendidikan, pasti setiap orang berhak mendapatkannya. Pendidikan adalah modal dasar untuk menciptakan SUMBER DAYA MANUSIA yang dipersiapkan untuk membangun Negara atau peradaban. Karena pendidikan itu adalah salah satu modal dasar SDM, maka pendidikan itu bersifat penting. Pendidikan tidak hanya di bidang akademik saja lhoo, tetapi pendidikan juga penting di bidang non akademik, tentu saja semuanya harus berjalan secara seimbang.
Sejak dulu, pemerintah menegaskan kepada semua warga untuk mengenyam pendidikan wajib selama 9 tahun, yang dimulai dari Pendidikan Dasar (SD) hingga jenjang SMP. Kemudian dilanjutkan SMA dan jika memang orang tua masih mampu menyekolahkan anaknya, bisa saja dilanjutkan ke Perguruan Tinggi.
Pendidikan di tiap Negara mungkin berbeda-beda, misalnya saja nihh di Negara Jerman yang berbeda dengan Indonesia yang memiliki 3 jenjang pendidikan SD-SMP-SMA. Jerman hanya memiliki sistem 2 jenjang Pendidikan saja, Pra Perguruan Tinggi, yaitu Pendidikan Dasar (Grundschule), dan yang kedua Pendidikan lanjutan (Gymnasium, Realschule atau Berufschule). Jenjang Pendidikan Pra Perguruan Tinggi ini memerlukan waktu tempuh normal selama 13 tahun (berbeda dengan Indonesia yang hanya memerlukan waktu 12 tahun yakni, SD-SMP-SMA). Pendidikan SD (Grundschule) diberikan dari kelas 1-6, dan setelah itu siswa diberikan kesempatan untuk melanjutkan ke Gymnasium.
Mungkin pada umumnya orang-orang yang dapat bersekolah di luar Negeri itu adalah pada masa “perkuliahan”, karena sekarang banyak banget program pendidikan yang menawarkan siswanya yang berprestasi untuk melanjutkan sekolah ke Perguruan Tinggi di luar negeri (Yaa…walaupun banyak juga siihhh yang bisa sekolah di luar negeri dengan biaya sendiri). Jarang banget ada yang nawarin melanjutkan SD, SMP, dan SMA ke luar negeri, paling-paling itu hanya bisa dirasakan oleh anak-anak yang orang tuanya di mutasi dari kerjaannya ke luar negeri, atau mungkin saja orang tuanya bekerja di KBRI yang ditempatkan di negara-negara lain.
Truuusss.. penting gak sih sekolah di luar negeri itu??Yaa..sebenernya sih itu balik lagi ke kita, mampu atau tidak orang tua kita membiayai sekolah di luar negeri. Kalo tidak mampu, yaa..jangan memaksakan kehendak. Tapi ada cara lain nih yaitu dengan mengajukan beasiswa, kalo emang kamu punya prestasi, ya tunjukin donk kalo kamu tuh mampu. Hmmm….atau bisa saja dengan mengikuti kontes-kontes yang menawarkan pemenang utamanya untuk melanjutkan sekolah di luar negeri gitu??hehe.. Semua itu bisa aja terjadi guys kalo emang udah jalannya.. Jangan hanya menjadikan sekolah di luar negeri itu sebagai ajang gaya-gaya-an . Yang penting kita sekarang tetap belajar yang sungguh-sungguh. Tetep semangat yaa temaaaaan, HWAITING, GANBATTE NE…!!

You Might Also Like

0 comments

Pengaturan komentar ini menggunakan moderasi. Harap bersabar ya. Terima kasih atas komentar yang dikirimkan.

Dapoer Sate Maranggi Seeu Haah

OFFICIAL WEBLOG OF

OFFICIAL WEBLOG OF
Provides you with information about Human Resource, Business, and Personal Development